Rabu, 07 Maret 2012

Mobil Berbahan Bakar Coklat

Saat ini di Indonesia sudah banyak kendaraan yang menggunakan bahan bakar ramah lingkungan seperti minyak jelantah atau minyak goreng bekas pakai. Lalu, bagaimana dengan negara lainnya?

Di London, Inggris, para ilmuwan menggunakan coklat sebagai bahan bakar mobil! Benar-benar tidak pernah terpikirkan sama sekali bukan? Tetapi coklat yang digunakan bukanlah coklat batangan. Harga coklat batangan yang cenderung mahal akan membuat harga bahan bakar semakin tinggi. Para ilmuwan menggunakan limbah coklat dari beberapa pabrik coklat yang tidak lagi terpakai lalu dicampur dengan minyak nabati sebagai biofuel.

Bukan hanya bahan bakarnya saja yang ramah lingkungan, mobil tersebut juga terbuat dari serat tumbuh-tumbuhan yang sama sekali tidak beracun. Mobil yang diberi nama "WorldFirst Formula 3 racing" terbuat dari limbah ramah lingkungan. Ban mobil terbuat dari serat wortel dan akar-akaran, jok mobil terbuat dari campuran rami dan busa minyak kedelai. Sedangkan body mobil terbuat dari serat tumbuh-tumbuhan.

Walaupun mobil dan bahan bakarnya terbuat dari limbah tumbuhan, akar-akaran, dan coklat, tetapi kecepatan lajunya bisa diadu lho, DVers. Pada saat pengujian, mobil tersebut dikebut 96 kilometer per jam namun saat diuji coba di jalur belapan diharapkan mampu menembus kecepatan 232 kilometer perjam. Dan yang lebih mengejutkan, mobil "WorldFirst Formula 3 racing" pernah turun dalam balapan European Grand Prix dan Britain's Goodwood Festival of Speed. What a great invention!


Sumber : Geekologie

3 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...